Ngoprek Chevrolet Blazer

Semenjak jadi sarana angkutan keluarga, mobil saya yang satu ini beberapa kali minta jajan. Walaupun banyak dihujat, boros, rusak mulu, trus susah klo rusak, hahaha…tetep ini mobil kesayangan saya.

Page ini untuk  sharing aja, sengaja saya buat page tersendiri biar gampang dilihat. Ya…This page is dedicated to Blazer fans in Indonesia.

Just info aja Blazer ini Mobil canggih jd perlu user yang canggih….hehehe

Langsung aja…Ni dia parts jajanan Chevy Blazer (SOHC Engine) ane :

(Update tgl 21-nop-2011)

1. Feul Pump

Perangkat ini berfungsi memompa bensin dari dalam tangki sampai ke Feul Injector. Pada mesin sistem injeksi perangkat ini sangat vital.

Satu set Feul pump ini terdiri dari satu unit motor beserta rumah feulpump yang juga terdapat sensor volume bensin. Jika membeli 1 set harganya cukup mahal, namun bisa diganti motornya saja seperti foto ini:

Bongkar rumah feulpump. Posisi didalam tangki bahan bakar

Part ini terakhir ganti saya ganti bulan kemarin 0kt 2011 karena sering ngadat. Info dari temen Klub Blazer merk Falcom paling bagus, namun saya gunakan merk Anam karena konektornya sdh dirubah.

Sebelum ini saya pakai merk Bosch, ga tau asli apa palsu, tp tdk tahan sampai setahun. Merk Falcom sama persis sama bawaan aslinya(original GM), tinggal pasang aja. Sedangkan merk Anan dan Bosch sama konektornya tapi beda konektor dengan aslinya, jadi perlu mengganti konektornya dulu jika motor feulpump masih original.

Oh ya, hati2 ya bro klo beli bensin karena kualitas bensin juga berpengaruh pada ketahanan feulpump. Bensin yang kurang bersih bikin macet motor feulpump.

Feul pump merk anam harganya IDR 475.000 dan Falcom IDR 525.000.  Ongkos pasang IDR 200.000 + tips kopi and lunch…(ane panggil montir kerumah). Ayo sapa yang mo nitip beli spareparts?? hehe

2. Ignition Coil

Salah satu part pengapian yang penting ini pernah saya ganti karena 1 port tdk berfungsi (tdk keluar api). Dalam coil ini terdiri dari 2 bagian gulungan kawat dengan 4 keluaran. Disini saya mengganti komponen ini sendiri.

Hati2 mas bro, jangan dulu menghakimi coil sebelum cek pengapian dengan teliti. Cek dengan cabut konektor kabel busi satu persatu, jika salah satu tidak keluar api berarti part coil kemungkinan problem. Tapi jika 2 port tdk keluar api, mungkin probelmnya bukan coil, tp part lain yaitu ICM (ignition control modul). Sebelum itu yakinkan dulu kabel2 busi tdk ada yg bocor atau putus.

Terakhir ganti adalah 1 tahun yang lalu sekitar Nopember 2010. Merk Sudnest (after market ) harganya IDR 450.000.  Asli GM IDR 550.000

Perlu sedikit teliti sewaktu pemasangan kabel businya, jangan sampai tertukar urutan kabel businya, karena bisa menyebabkan timing pengapian yg salah. Secara bodohnya, tandai saja tiap kabel dengan spidol dan semacamnya agar pemasangan tidak salah.

Untuk pekerjaan ini sesungguhnya simpel, hanya saja posisi coil blazer agak terhimpit dibagian samping kiri mesin, perlu sedikit kerja keras untuk menggapai bagian ini dengan tangan. Gunakan kunci L untuk membuka baut2nya.

3. ICM (ignition control modul)

Salah satu part pengapian yang sangat penting adalah ICM. Part inilah yang mendrive coil sehingga bisa menghasilkan tegangan tinggi untuk menghasilkan bunga api pada busi. Konfigurasi pengapian Blazer berbeda dengan mobil Jepang seumurannya yang masih menggunakan platina dan distributor.

Contoh diagram konfigurasi pengapian distributor less (Bukan skema Blazer, tp pada prinsipnya sama saja)

Part ini ICM berupa perangkat circuit elektronika hybrid yang berfungsi sebagai switching tegangan tinggi yang terdiri dari transistor, dioda dan komponen pasif yang digabungkan dalam wadah plastik keras, seperti halnya IC hybrid. Oleh karena itu bisa saja dibuat sendiri, hanya saja sedikit sulit menemukan komponen transistor yang bisa digunakan disini.

ICM Blazer Merk Huco, bentuknya mirip IC Hybrid seri STK.

Gejala jika ICM rusak adalah mesin menggelinjang/ pincang, dan biasanya bau bensin keluar dari knalpot karena banyak bensin yang tdk terbakar. ICM ini terdiri dari dua bagian transistor switching, jika salah satu problem maka 2 port coil tdk akan hidup.

Mengganti ICM sangat mudah karena posisinya yang mudah dijangkau dan soket yang plug n play. Pastikan matikan kunci kontak atau cabut kabel negatif accu sebelum mengganti ICM untuk keamanan. Pemasangan ICM harus menempel dengan pasti pada plat dudukan yg juga berfungsi sebagai pendingin. Gunakan silicon grease pada permukaan ICM dan plat dudukan agar penyerapan panas lebih baik. Kerusakan ICM bisa terjadi karena pemasangan yang kurang baik atau kendor yang menyebakan panas berlebih pada ICM

bersambung dimari :

http://audiobbm.wordpress.com/2013/01/15/ngoprek-chevrolet-blazer-bagian-ke-4-sensor-ckp/

106 comments

  1. om mau tanya nih>> sama kejadianya kya info diatas mobil saya blazer,,2 businya mati khususnya no 1 dan 4>> di cek koilnya emng agak kebakar<<<

    sudah saya ganti koilnya,,, tp mobil ttp ngak mau narik,,, trnyata 2 businya msh ga nyala jg….

    apakah saya harus ganti icm nya jg???
    letak icmnya dmna klo pada mesin????
    brpa harga icm ori?

    cara ngecek icm nya masih bagus apa ngak,gmna yaa??

    mohon pencerahanya

    terimakasih
    om

    1. kemungkinan besar icm nya bermasalah. Letak icm ada disamping kiri dekat dengan kotak minyak power steering atau abs modul ,menempel pada bodi kaleng. Rusak atau tidak nya agak sulit di deteksi. Didalam modul icm sendiri terdapat dua buah penguat untuk mendrive satu koil dengan dua input. Harga icm sekitaran 350rb.

      gantinya mudah kok,tinggal lepas soketnya,lepas kedua baud nya,kemudian pasang yang baru dan jangan lupa di oleskan thermal grease agar panas icm terserap dengan baik pada lempeng pendingin.

      salam

      AUDIOBBM

  2. Gan
    Mau nanya, saya pakai blazer samba 2004, akhir2 ini lampu check engin sering nyala waktu jalan, begitu check engine nyala maka indikator tekanan minyak turun ke Nol kpa (sdg indikator power normal skitar 13V), dan mobil agak tersendat. Lampu cehck engine ini sering muncul saat mobil baru distarter (masih dingin) atau saat lampu jauh-lampu dekat di oper2/diganti-ganti. Sudah di bengkel diealer Chevrolet hampir sebulan tapi belum ketemu penyakitnya. Kira-kira apa saja penyakitnya ya? Terimakasih Yusuf
    penyebabnya ya?

    1. Lampu check engine nyala itu banyak hal sih pak, tapi mungkin bisa ditelusur satu2. Kalo saat distarter pertama kali memang check engine nyala, kemudian mati setelah tekanan bensin naik diatas 250kpa. Jika tekanan oli kurang dari 125kpa pada saat berjalan, lampu cek engine juga akan menyala. Dalam hal ini apa sdh dicoba ganti sensor tekanan olinya pak?. Tapi sebelum itu coba cek soket2 yang ada diperkabelan mesin, cabut pasang dan semprot dengan cairan contact cleaner, kemudian cabut pasang beberapa kali, maksudnya untuk membersihkan koneksi perkabelan tersebut, Seringkali masalah bukan pada sensornya tapi karena perkabelan dan soket yang longgar. Demikian pak, silahkan dicoba dulu. Terima kasih

  3. gan ..mau nanya..blazer saya kadang2 tersendat sendat…setelah kita cek pengapian busi nomor 4 tidak stabil..setelah kita cek ternyata cop nya busi meleleh dan kabel putus ( cop busi tidak ori..kelihatnnya cop busi dari plastik) nah masalahnya saya kesulitan mengambil copnya itu…mohon solusinya gmn cara melepasnya…. terima kasih

    1. Klo DOHC mesti buka cover yang ada tulisan DOHC nya, pake kunci L. Klo itu udah dibuka baru deh kabel businya bisa dibuka. klo SOHC langsung saja ditarik kop nya.

  4. selamat pak pak,saya pake mobil blazer soch th 202.tarikannya ngadat sudah saya ganti busi,ganti filter minyak,tapi kadang2 control engine nya nyala,langsung dah berat tarikannya and brebet, saya pake computer tidak ditemukan kerusakan tapi tadi lagi bersihkan filter minyak langi nyala contol enginnya kira apanya ya pak…..tk
    s for your help dri tony kerta blazer bali

    1. Sebelum menganti part mungkin bisa dicek perkabelannya. Kelistrikan blazer memang sangat rentan ada bad contact dikonektor2 nya. Kalo yang saya alami sendiri sering kali hanya masalah sepele. klo yang bapak alami seperti itu coba cek konektor2 di injectornya pak, itu ada 4 connector. Coba pada saat mesin hidup dan check engine nyala, cek mesinnya pincang apa nggak, coba goyang2 kabel injector tadi, trus coba juga goyang2 kabel TPS yang ada di thorotle body. Langkah ini mungkin sedikit menyita waktu, karena mesti cek soket2 yang ada, tapi apa boleh buat karena masalahnya bukan pada partnya tapi perkabelan saja. Klo dicek komputer bisa jadi normal, karena kondisi mobil diam, tapi begitu jalan baru deh kerasa nyendul2 jalannya. thanks udah mampir pak Toni.. :)

  5. Mau nanya ya om…saya baru saja ganti icm merk huco karna icm yang lama seperti nya rusak karena kena air waktu bersih2 mesin. Jadi 2 bh busi tidak keluar api (no 1 dan 4).
    Nah setelah ganti icm ternyata mesin masih pincang setelah di cek lagi ternyata salah satu busi (no 1) api nya kecil, kira2 icm nya yang salah ataukah ada masalah juga pada koil…mohon pencerahan nya..makasih sebelum nya

    1. sebelum ganti koil, cek dulu kabel busi dan businya pak, bisa saja kabel businya ada kebocoran arus listrik sehingga keluarnya tegangan diujung busi tidak maksimal. Atau coba dulu tukar2 kabel dan businya, jika sama saja bisa jadi koilnya bermasalah. demikian pak, semoga membantu.

  6. sesuai saran di atas, busi dan kabel busi sudah di pastikan baik semua…orang bengkel suruh ganti icm sekali lagi dengan merk bosch apa mungkin icm yang baru diganti (kebetulan merk HUCO) lansung rusak?…terima kasih masukan nya..

    1. kalau clue nya hanya satu apinya yg kecil, logikanya icm tdk apa2, soalnya ICM cuma punya 2 keluaran, jadi kalau rusak 1 bagian didalam ICM harusnya ada 2 busi yg mati. Jadi Kemungkinan coilnya bermasalah di salah satu keluaran yg apinya kecil itu. Klo bapak didaerah cikarang bisa pinjam koil saya untuk memastikan, kebetulan saya ada coil cadangan. salam

  7. terima kasih atas masukan dan niat baik nya untk meminjamkan saya koil…sayang saya jauh di pekanbaru…besok saya ke bengkel saya akan bilang orang bengkel untuk memeriksa koil nya….mudah2an memang di koil masalah nya….sekali lagi terima kasih…

  8. Pak, mohon bantuannya. kemarin mesin saya getar tiba² disertai indicator helikopter nyala… Vonis kerusakan jatuh pada CKP. karena berhubung connectornya pecah. Setelah CKP nya di ganti, indicator sudah ga menyala tp mesin masih getar. Setelah di cek oleh mekanik (bukan spesialis Blazer), busi 1 dan 4 tidak berfungsi, dan vonis kerusakan ada pada Koil. kata salah 1 teman di BIC bilang bisa jadi karena koilnya korsleting. Pertanyaan nya, apa benar koilnya yang rusak? takut nya setelah ganti ternyata bukan itu atau problemnya belum tuntas. Mohon Pencerahannya

  9. met kenal pak. saya pake blazer dohc 97. penyakitnya kadang mesin bergetar, keluar asap hitam, seringnya di tanjakna tenaganya hilang, kalau mesin dimatikan sebentar, normal lagi. injektor deh di serpis, pompa bensin deh di ganti, tapi penyakitnya gak hilang pak

    1. met kenal juga pak Rizal, klo kata ahlinya, klo keluar asap hitam dari knalpot ada kemungkinan selang map sensornya ada retak atau berlubang. posisi map sensor ada disebelah kiri barisan 4 relay mesin, nah disitu ada selang yg terhubung ke throtle body. Coba cek selang yg itu pak. salam -bbm-

  10. salam kenal pak, mohon pencerahannya, blazer sohc saya kalo dah sktr 1 jam mesin tiba2 ngedrop dan mati, tapi indikator temperatur masing kurang dari 80. kalo distart lagi rpm langsung lonjak terus stabil. tapi ini tdk berlangsung lama, jalan kira2 5 menit kejadian lagi. begitu berulang – ulang. apa mungkin koil atau apa ya pak.., mohon wawasannya. terimakasih.

    1. Klo saya sendiri belum pernah mengalami seperti itu( 1 jam mesin drop), tapi coba diteliti soket2 di throtle body dan selang map sensor. Saya pernah mengalami soket kendor dibagian itu, sehingga pada saat jalan tiba2 mesin drop. Jika ada perkembangan silahkan diupdate lagi pak. salam

  11. Salam blazer pak…kebetulan sy baru saja meminang blazer,blm tau banyak.waktu saya tune up,sy diberi tahu sm montirnya kalau bermasalah dgn coil di kaki no2.karena setelah dicek mmg betul tidak keluar api.saran mereka sy diminta ganti icm & coil agar tidak pincang.sempat di tes dengan coil mbl lain,trnyta bagus.mau tanya,berapa ya harga ori ke dua part ini??lalu kalau sementara sy tidak ganti dulu apakah akan berakibat fatal?kebetulan mobil hanya dipakai jarak dekat&jarang..terima kasih sebelumnya

    1. Kalau tdk keluar api hanya 1 kabel saja, kemungkinan koil saja yg rusak dan tdk perlu ganti ICM. Harga koil ori GM sekitar 600rb, klo icm merk huco 400rb. salam

  12. om.. mau nanya nih…., Blazer saya ini bila dipakai jalan +-15 s/d 20 km mesin tiba2 mati…, sebelum mesin mati indikator di dasbord check gages dan gambar enggine menyala semua…, seperti over head tp indikator temperatur saat itu dibawah 80 derajat, extra fan blazer sy juga berfungsi dgn baik dan fan ac juga berfungsi, karena saat itu saya menjalankan ac…,
    bulan lau habis ganti paking head…apa ada kesalahan pasa saat ngetopin dan Tensioner Timing belt…? terima kasih sebelumnya

    1. Wah kok bisa ya om. Mungkin perlu sedikit analisa lagi om, pada saat berjalan normal, apakah tarikan normal(responsif), knalpot tidak ada asap hitam, kadang mesin nembak2 atau mesin bergetar. Jika demikian bisa jadi pemasangan timing belt kurang pas. Pada saat setelah berjalan dan kemudian mati, cek apakah busi menyala, dan bensin naik. Cek busi tinggal cabut dan start mesin. Cara cek bensin naik atau tidak, coba pencet pentil di feul bar dan konci kontak on, atau saat kontak off bisa dengan menjumper soket feul test ke negatif batre, posisinya ada dideket minyak power steering. Demikian pak, semoga membantu. Salam

      1. Iya om semua normal…, baik tarikannya, ga ada asap hitam, klau dipanasin pagi hari ada sedikit asap putih dan tetesan air dr knalpot, lampu indikator waktu itu juga normal semua ga ada yang aneh om (Balzer sy ini DOHC tahun 1996 masih builtup dr negeri Paman Sam dan tangan pertama), untuk mesin nembak dan mesin bergetar ini muncul pada saat saya paksa idupin mesin (setelah mobil mati seperti gejala over head terjadi), mesin bisa idup tapi bergetar seperti mau rontok tuh mesin dan hanya sebentaran om. mesin bisa idup normal kembali pada saat jarum indikator temperatur menunjuk ke angka 60 derajat om…(tp gitu deh mesin mati lagi klau dah berjalan +- 20 KM).
        oh iya om…, sy juga baru perhatikan pada saat saya putar kunci kontak ke posisi ON indikator lampu handbreak di dasboard nyala (posisi handbreak ga ketarik) dan pada saat yang bersamaan ada suara tekkk (seperti suara relay). sy mencari sumber suara tersebut, ternyata suara tersebut berasal dari Module ABS (klau ga salah nih om…hehehehe) yang letaknya di depan boster Rem dan berdekatan dengan tangki minyak power stering. apa module tersebut ada pengaruhnya ke mesin krn waktu itu sebelum saya cabut soketnya mesin ga mau idup…, setelah saya cabut dan pasang kembali baru deh bisa idup mesinnya…,
        1 lagi nih om mau nanya fungsi dari 4 realy yang letaknya diatas caver valve iu realy apaan ya om?
        maaf yah om sy banyak nanya abis sayang benget nih sama si Kebo…
        makasih banyak sebelumnya om atas pencerahannya… klau boleh minta contack personnya om..,

      2. wew..keliatannya sih normal om..hehehe.. Tapi itulah hebatnya kebo om, semua mesti dalam kondisi fit untuk bisa beroperasi dengan normal, ada satu soket yg bermasalah saja langsung deh nyala tuh gambar check gages. Jadi bisa jadi setelah cabut pasang modul abs trus mesin jadi normal, karena sebelumnya ada soket yg kendor dan kembali terkoneksi dgn benar setelah cabut pasang (indikasinya dari lampu handbrake). Bisa jadi itu pengaruh om, Ya mudah2an seterusnya kebonya om aman2 saja…hehe. Oh ya om, saya bukan ahlinya blazer, semuanya belajar dari pengalaman dan “kenekatan” saya untuk ngutak-ngatik sendiri, dari situ saya share pengalaman saya disini yg mungkin bermanfaat untuk sesama pengguna kebo. Jadi kurang lebihnya mohon maaf om :)
        Untuk sharing kebo bisa juga di fb blazerian Indonesia atau Forum Blazer Indonesia, saya juga join disitu.
        Saya ada facebook a/n benny benyamin mulky, biasanya ol sih..hehe

  13. thanks om, problem bau besin di knalpot dan mesin gak rata terpecahkan, hanya karena kabel di terminal ICM yg kendor, baru tahu dari info si om klo peyebab gejala di atas bisa jadi sumber masalahnya di ICM, knalpot si kebo ijo kembali berair ……… seperti kran ledeng hehehe

  14. salam kenal pak, saya pengguna blazer DOHC LT thn 2000… ada masalah busi no 1 dan 2 tidak mengeluarkan api, setelah ganti busi hasil’nya sama saja.. ternyata coil no 1 dan 2 tidak mengeluarkan api… kira2 masalah’nya pada apa pak, coil atau ICM…??? Tks

    1. klo 2 busi tdk nyala biasanya ICM, dan klo mau dicoba juga lebih baik ganti icm dulu karena harganya lebih murah dari pada coil. salam

  15. Alhamdullilah kebo saya sudah kembali normal pak, makasih atas bantuan’nya…
    1 hal lagi yg ingin saya tanyakan, saat ini rpm saya bila tanpa ac pada posisi 600 dan bila di hidupkan ac akan turun ke 500… itu normal tidak pak?
    pernah saya cb naikan rpm ke angka 700, 800 sampai 900 tetapi indikator helicopter di dashboard malah nyala..
    tolong bantuan’nya skali lg pak, makasih…

  16. mau nanya pak, saya punya kebo chevy blazer tahun 2003, setiap saya rem, selalu ada seperti suara angin pada saat pertama menekan rem ( seperti rem nya kosong ), mohon pencerahannya ya, terima kasih

    1. Sama kayak kebo saya thn 2003..hehe.
      Klo remnya normal diinjek terus pasti stop sebelum mentok dasar lantai, klo ga normal diinjek terus lama-lama makin kebawah dan mentok sampai lantai, itu tandanya ada kebocoran di booster rem dan yang perlu diganti karet booster nya. Klo diinjek ada suara angin sedikit wajar, yg penting diinjek trus stop dan ga sampai lantai.

  17. Salam kenal Om BBM, mau tanya, bagaimana cara ngetest rusak atau tidaknya Switch Oil Pressure Montera th 2000 ? Kalau mo bukanya bagaimana step by stepnya dan peralatan apa yg ditbutuhkan tempat nya sempit sekali ? Saya dengar itu bisa di servis.

    1. Waduh..si om punya masalah yg sama kayak saya nih, baru seminggu lalu kebo saya indikator oil pressure nya turun, tadinya diatas 250kpa pas dingin, sekarang dibawah 250kpa. Saya juga belum sempat perbaiki sih..tapi sabtu/minggu kemarain saya ajak jalan2 cikarang-cianjur-garut pp..hehehe. Kalau Om mau buka, harus sekalian siapin oli n filter oli baru, karena pas dibuka olinya bakal keluar. Nanti kalau udh dibuka coba bersihin dulu pake carburator cleaner terutama sisi bagian dalamnya, moga2 karena kotor doank. Plan kebo saya juga mo dicoba gitu dulu, tapi nunggu libur weekend. Nanti di update ya.

    1. kebetulan bpkb saya ada faktur penjualannya, th 2003, harga jual 160juta, tipe montera standar bgt. Klo LT kayaknya 200jutaan untuk tahun yg sama.

  18. numpang nanya om BBM, mobil saya chevrolet tavera 2.2L MPFI SOHC 2002 lokasi sy di sulsel, kemarin mesinnya bermasalah dalam kondisi mobil sedang melajau dijalan, mesin mobil mati seketika dan gaka bisa nyala lg, seteleah dicek teknisi ternyata camshaftnya terkancing hingga pully nya dol, setelah dibenarin bengkel suara mesin jadi agak kasar dan batuk, kata teknisi harus ganti camshaft dan casingnya. mohon informasinya om dimana sy bisa dapatin spare partnya dan apa memang harus diganti dan apa aja kemungkinan lain yg rusak akibat kejadian tersebut. ty

    1. Mesin tavera klo tidak salah sama dengan blazer sohc, soalnya part juga sama. Sparepart bisa beli dibengkel resmi GM, atau beli online juga bisa melalui forum di facebook. Masalahnya suara kasar bisa jadi camshaftnya memang sdh aus, akan tetapi harus diselidiki kejadian sebelumnya, misalnya tekanan oli yang berkurang, atau saat itu kondisi olinya kurang hingga menyebabkan camshaft terkancing karena kurang pelumasan dan bisa juga kondisi overheat namun kita tdk sadar dan terus jalan. Pada dasarnya usia mesin akan awet puluhan tahun asalkan pelumas dan sistem pendingin bekerja dengan baik. Demikian pak, jika ada hal lain silahkan dishare kembali. salam

  19. Mau tanya om, mobil saya blazer DOHC 2006, waktu mau distater pagi td, tiba2 ngga mau nyala sama sekali, & ngga ada reaksi sama sekali, dan smua lampu indikator didashboard jg ngga ada yg hidup sama sekali kira2 penyebabnya apa ya om, dan bagaimana solusinay? Terimakasih dan salam kenal,,

    1. Cek kotak sikring (fuse box) disisi kanan dashboard, periksa apakah ada fuse yg kendor, lepas, atau putus. Keterangan fusenya ada ditutupnya. Klo bagus semua, cek konektor aki apakah terlepas atau tidak, trus cek juga tegangannya (ini perlu alat multitester). Jika indikator benar2 mati masalahnya adalah sikring(main fuse), konektor aki terlepas, atau aki habis. Pastikan juga apakah ibu lupa mematikan lampu utama hinggs tegangan akinya habis. Demikian, jika ada hal silahan dishare lagi. semoga membantu, salam. bbm

  20. Salam kenal om.. Mau tanya2 nih om,, sy bener2 suka dng yg namanya blazer.. Dl sy punya SOHC 2002 1 kalipun tdk pernah mogok, dlm kabin bener2 sunyi, PP jkt-jambi berkali2 tdk pernah rewel sedikitpun. Krn keadaan wkt itu terjual akhirnya kebo sy.
    Lain crita skrg om, sy beli lg SOHC thn 99.. Baru 2 jam setelah dibeli mobil mati tegak dijalan lintas dan akhirnya ditarik untuk 15 jam berikutnya ( irit bangt bbm nya om krn diderek kali yaah hehehehe)
    Panjang crita akhirnya mobil masuk bengkel dan isi mesin diganti semua L/K 25 item om yg saya ganti (jajan gede pokonya), kecuali blok saya ganti baru semua.
    Permasalahannya skrg adalah sy selalu was2 setiap bawa ini kebo krn beberapa hari ini suka brebet om.. Kadang bagus kadang brebet dia om,
    Pertanyaan sy om apalagi yg harus sy ganti atau periksa om? Itu pertanyaan untuk brebet om
    1 lagi om beberapa wkt yg lewat AC sy mati, dan sy benerin, setelah dibenerin AC hidup tapi sekring suka panas dan kebakar om serta didasbor ada suara greeeeekkkkkkkkkk selama AC hidup om..
    Mohon bagi2 pengelaman om… Salam kenal dan Terima kasih sebelumnya,,

    1. Halo om Niko, salam kenal juga. Waduh..kok bisa jajan banyak bener om, ga sayang tuh duitnya..hehe. Klo sdh diganti semua seperti itu namanya udh overhaul donk om, harusnya bener2 sehat tuh kebo, apalagi duit yg dikeluarin ga sedikit pastinya. Kalo pemasangan part semuanya bener ga perlu waswas om..serahkan semuanya pada yang maha Kuasa, kan kita sdh berusaha..hehehe :)

      Tapi mestinya pas diganti ada pengecekan dulu ya om, namanya rusak kan perlu diagnosa juga biang masalahnya kenapa bisa sampe harus turun mesin. Biasanya masalah kecil bisa berakibat fatal klo kita lengah, misalnya filter oli yang cuma 50rb bisa bikin rusak mesin klo sampe mampet, atau kabel sensor suhu mesin lepas dan fan engine mati yg bikin overheat. Masalah2 seperti itu om yg mesti tuntas, dan itu berlaku umun untuk semua mesin, tdk blazer saja. Nah kebetulan blazer sisi elektrikalnya lebih rumit dari mobil jepang yang seumurannya, maka perlu xcek lebih detail untuk hal tsb.

      Mesin berebet(rpm turun naik) itu bisa banyak hal, bisa kabel TPS kendor, kabel busi kendor, kebel injector kendor, busi ada yg mati, kabel icm kendor, selang map sensor retak, koil kendor, dll. Intinya kalo berebetnya ga terus-terusan kadang stabil, trus berebet lagi ada kemungkinan perkabelan yang bad contact. Kadang dicek lewat console pc tdk terdeteksi, karena pada saat dicek pada keadaan diam, jd kabel tdk tergoncang. Pengecekan tsb mesti bener2 detail, karena pada saat mesin dibongkar kabel2 yang dilepas pasang konektornya bisa saja ada masalah.

      Demikian Pak, jika ada perkembangan kita sharing lagi.

      salam

  21. selamat siang Pak,

    Saya baru saja meminang Chevy Blazer Montera tahun 2000 dengan kondisi fisik dan jeroan yang lumayan berantakan. Sejauh ini saya sudah mengganti kompresor, drier, evaporator, ganti oli keseluruhan, seal rem belakang kiri dan part lainnya.

    Kemarin saya menemukan adanya tetesan oli berwarna merah di lantai garasi. Tidak ingin hal buruk terjadi, saya langsubf bawa kebo nerah saya ke bengkel langganan dan divonis as kopel sudah rusak dan tidak bisa hanya diganti sealnya. Setelah saya tanya ternyata penggantian harus 1 set dan menelan dana yang fantastis (bengkel memberikan estimasi harga 7jt). Yang ingin saya tanyakan,apakah ada solusi yang lebih murah untuk mengatasi hal ini dan berapa eatimasi biayanya mengingat harga yang diberikan bengkel sangat luar biasa buat saya.

    Demikian pertanyaan saya,mohon pencerahan Pak.
    Terima kasih.

    1. Malam pak,

      Maaf om, As kopel yg mana ya, steer atau transmisi/gardan? saran saya klo bocor dikit atau netes jgn ragu lihat sendiri ke kolong dari mana asalnya tetesan itu. Sapa tau cuma retak di selang power steering atau mungkin kopling bawah bocor halus, kan oli nya sama2 warna merah. Kalau tidak ada gejala yang aneh ya ga perlu dikhawatirkan apalagi mengganti part semahal itu. Kerusakan mekanis seharusnya bisa dirasakan pada saat kita kendarai kendaraan kita, karena sifatnya tdk serta merta atau sekaligus rusak, tapi sedikit2. Lain halnya dengan elektronik yang kalau rusak ya sudah langsung ga bisa dipake. Nah kalo gejala anehnya kerasa makin parah baru dicek lagi. Sementara pakai saja om..kalau sdh ada dana boleh cek up lagi, dan klo mau ganti part coba cari di forum blazer indonesia di fb, biasanya ada rekomended seller yg bisa kasih harga part ori super murah.

      Salam
      bbm

  22. mau tanya gan, kebo dohc 96 saya dari busi klu buka kontak keluar api tp klu di start api gak kluar. saya sdh ganti icmnya krn icm yg lma bau kebakar tp api dr busi blm kluar jg gan. mohpn solusi

  23. gan lam kenal..saya juga mau nanya gan, kebo dohc 98 saya pake ke jalur yang banyak nanjaknya, setelah pulang dan blm nyampe tiba-tiba mesin bergetar dan ga ada tenaga, mohon pencerahanya gan…terima kasih sebelumnya…

    1. Salam kenal jg bro..

      Berarti kebonya abis kerja keras ya bro. Klo mesin bergetar masih perlu analisa lagi bro, yang pasti kalau mesin bergetar ada sesuatu yang tdk balance, biasanya karena salah satu atau dua silinder tdk bekerja baik. Bisa karena supply bensin yang tidak lancar pada silinder tersebut atau pengapian yang tdk sempurna yang menyebabkan
      silinder tsb tdk menghasilkan tenaga dan menjadikan mesin pincang atau bergetar hebat. Bisa juga kompressi pada silinder ada yang tdk baik sehingga kerja mesin tdk seimbang. Coba cek kabel2 businya bro, dan cek apakah ada yg tdk menyala businya. Trus cek juga kabel2 injector, pastikan terpasang dgn benar. Periksa bau asap knalpot, kalau pedih dan bau bensin berarti ada pembakaran yg tdk baik. Kalau begitu biasanya masalah pengapian yang sdh saya jelaskan diatas. Segitu dulu bro, kalau ada pertanyaan lain silahkan disampaikan. Salam

  24. Salam kenal om. mau tanya blazer montera 2000 sy ada ploblem :
    1. jika mesin hidup spt mau mati & getar di gas tdk bisa lancar, kata bengkel icm & coil ada masalah
    2. indikator temperatur jika kontak off berada pada tanda C , tidak pada 60.Jika mesin hidup hanya nunjuk 79 itu perlu waktu 25 menit.
    3. indikator oli mesin hidup nunjuk 260 stlh itu nunjuk sktr 100 tp jk digas nunjuk 260 lagi
    Mohon pencerahannya , harga icm & coil yg asli brp & merk apa. Tks. Salam untuk keluarga.

    1. Salam kenal juga om… saya jawab ya om
      1. Itu sdh ada jawabannya ya..tp untuk memastikan, cabut kabel busi satu satu, pas ketemu yang dicabut tapi tdk ada perubahan berarti itu yg masalah. Step by stepnya udh saya sebutin dipertanyaan yg sama. Petunjuk lainnya bau asap akan berbau bensin dan cenderung perih dimata karena bensin tdk terbakar sempurna, masalah bisa icm atau coil.
      2. Masih normal om, kemungkinan kipas dijumper, mesin nyala kipas langsung nyala. Normalnya kipas baru nyala setelah 103 C.
      3. Normal om..emang begitu. klo sensornya masih baru dan sirkulasi oli bagus, biasanya pas baru dinyalakan hampir ke 500kpa.
      Icm sekitar 350-400rb merk huco, coil merk bosh GM sekitar 600rb.

      semoga membantu
      salam

    1. Ditoko sparepart om…hehe, Klo di Jakarta bisa di Rensen Motor Kemayoran, Surabaya Motor Cakung, Kramat Motor Atrium Senen… Klo alamat lengkapnya bisa search di google ada banyak kok.

  25. numpang nanya pak aku punya bleser problemnya sama busi nomer 2 dan 4 yang gk kluar percikan api jadi yang kluar api cuma no 1 dan 3 apa juga bermasalah ICM pak mohon pencerahanya terima kasih sebelumnya

    1. Kalau kemungkinannya ada 2, yaitu ICM atau Koil. Tapi lebih baik ganti ICM dulu karena lebih murah dari pada Coil. Sebelumnya cek dulu konektor icm nya, kali aja cuma kendor.

      salam

  26. gan mau nanya nih.ane punya xenia vti yg 1000 cc.sebelumnya metal jalannya diganti,sesudah diganti mesin malah tidak hidup dan businya ga keluar api.itu masalahnya apa yaaa gan?thanks gan sebelumnya

    1. Wah..yg bongkar harus tanggung jawab tuh, kok bisa ga keluar api businya..hehe. Blom pernah oprek Xenia om…tp cara kerja mesin pasti ga beda jauh, apalagi sama2 sdh injection, Kalau emang ga keluar api, pasti komponen pengapiannya ada masalah, kalau kasus ini mungkin cuma ada soket yg lupa dipasang aja om. Saya sendiri ga bisa ngasih gambaran kalau belum lihat mesinnya, soalnya posisi komponen itu pasti letaknya beda sama blazer..

      salam

  27. Selamat pagi
    Sy tinggal di cikarang bos .
    Kalau bos bens tinggal di mana?
    Saya pengen sowan dan minta di turunkan ilmu ngoprek blazer
    Kalau bos bens berkenan
    Terima kasih
    Salam bbtr
    Blazer boros tapi raos

    1. Salam kenal Kang Adi..
      Blazer Ga boros kok om…orang blazer saya ngandang mulu ampe jamuran…hahaha.
      Saya KTP Jakpus tp berhubung kerja di cikarang, didepan tol persis kantor saya, jadi saya tinggal di Cibarusah, keluarga jg banyak di cibarusah.

      Kalau mau sowan, saya sambut dengan terbuka kang Adi, pintu depan selalu terbuka hehehe, tapi kalau minta diturunkan ilmu saya belum jadi suhu nih..malu ah…sharing aja kali kang…nanti saya siapkan roti sumbu n kopi item..hehe
      salam
      benny

      1. Alhamdulilah. Ternyata ga jauh jauh amat. Sy tinggal di vila mutiara ckr bos.terimakasih responnya cepat sekali.sy mau shering nih bos. Sy akhirnya berhasil meminang janda ex eropa,usia lumayan dewasa . Yaitu montera th 2 ribu.masalahnya,1kalau tombol lampu hizard/convoi di pencet lampu sein hidup normal. Tapai kalau tombol tsb posisi nongol ,lampu sein tdk berfungsi. Kira kira apa penyebabnya?2 sy mau ganti timing belt, krn dari pemilik sblmnya lupa nyatet km waktu penggantian.(Blazi ini biasa di sbm cakung) Cikarang di mana bengkel spesialisnya? Atau bos bens sendiri punya bengkel di rumah?
        Mungkin itu dulu bos bens. Mohon pencerahan , maaf baru kenal dah banyak tanya.
        Terima kasih
        Salam bbtr
        Blazer boros tapi raos

      2. Wah deket banget itu mah…saya deket RM Tiara warung bambu, sebrangnya yg byk pasir…yg punya RM Tiara juga masih sodara, bisa diskon klo makan disitu..hehe
        Waduh..saya bukan bengkel om…cuma seneng ngoprek aja. Pas pertama beli juga saya servis di SBM, waktu itu saya tinggal di jakpus.

        Kalo di cikarang bisa di muland motor CTC cikarang yg ada mobil nyangsang di gerbangnya. Saya beberapa kali servis disitu, tapi on call semua, mekaniknya kerumah. Kalau ke muland motor bisa ketemu pak Ridwan bos nya. Memang agak mahal servis nya dibanding sbm, tapi ga jauh lah dibanding jalan ke SBM.

        Oh ya, lampu sen ga nyala bisa jadi kabelnya lepas didalem setir, atau bisa switch multi nya rusak om, wah klo switchnya mesti beli satu set itu.

        Ganti TB montera gampang sebenarnya, yg agak susah yg DO karena agak ribet, yang penting tandai posisi TB nya sebelum dilepas. Dulu habis 600rb sdh sama tensioner, kalau harga sekarang blom tau.

        Salam

      3. Terima kasih .bos bens, atas pencerahan dan infonya.
        Kalau boleh berbagi , mohon info lagi nih ,nomor telp, nama mekanik on calnya muland motor,
        Bisa sms ke hp sy 081293635109
        Selain shering dari bos bens, sy bisa belajar ngoprek dari mekanik.
        Memang kalau mempersunting janda , kayaknya harus rajin ngemek emek/ membelai. Hehehe
        Sy do,a kan semoga bos bens di berikan sehat waras rejeki lancar.
        Salam buat keluara
        Terima kasih

  28. Selamat pagi bos bens.
    Semoga selalu sehat waras ,rejeki lancar.
    Mohon pencerahan , radiator culant yang cocok buat montera apa ya?
    Kalau kabel negatif aki di lepas ( montera) boleh nggak? Untuk menghemat strum krn tdk di pakai 2-3 hari.
    Itu dulu , bos bens.
    Terima kasih
    Salam

    1. Pagi om Adi…
      Aminn…makasih doanya, bad news nih om…kebo saya ngadat olinya bercampur air, kejadian 1,5 tahun yg lalu terulang kembali. Maklum waktu itu yang bocornya cuma di lem besi…Kalo sekarang kayaknya mesti lem biru head cilindernya. Nah ini berhubungan dengan radiator coolant juga, Klo semuanya bagus (radiator, water pump, silinder head bagus, termostat) pake coolant apa aja sebernarnya bagus2 aja. Asal jgn pake air biasa, karena bikin karat/oksidasi didaleman silinder head dan radiator lebih cepat.
      Kalo saya pake yang biasa aja, harga 50rb-an 1 galon. Merk terserah, suka2 aja hehe
      salam
      benny

  29. Pagi bos bens.
    Dari kemarin comen ga masuk masuk nih.
    Turut prihatin atas ngambeknya si kebo, semoga ga ngrembet ke yg lain.maaf ga bisa bantu,hehehe
    Cuma sy pernah punya pengalaman dg kijang super sy, kalo lihat foto kebo bos bens cuma satu yg kropos.kijang sy 44nya kropos semua tembus ke piston.akirnya sy bongkar sdri sy las alumunim, per titik kena 60 ribuan,sy skrp amplas sendiri,sy bor sendiri pakai bor tangan,stlh selesai terpasang langsung ngacir ke solo jateng,ada perlu dadakan,dag dig dug juga sih,keluar tol cikampek sy cek air msh penuh,oli gak jadi kopi susu,ngacir lagi,PP gak ada masalah,plong perasaan, tp klo untuk kebo ga tau bisa ga di las alumunium,bahan silinder heatnya sama ga sama kijang,
    Demikian
    Semoga cepet beres.
    Salam

    Adi

    1. pagi juga om…hehhe

      Biasa om….minta dikelonin aja tuh si kebo, pengalaman baru pertama kali bongkar sih ribet juga, tapi kalo sekarang mungkin bisa lebih cepet, yg penting dana buat beli part nya ada..hhehe

      Kalo saya terakhir cuma di lem, nggak di las….hahhaa, tahan satu setengah tahun…lumayan… :D
      Waktu itu juga udh tau konsekwensinya, bakalan ga tahan lama, tapi apa boleh buat mobilnya mo dipake buat suami siaga, karena istri dah hamil tua..hehe

      Plan yg ini mungkin mau di las juga, tp klo ada dana lebih mo ganti aja silinder headnya. Soalnya kata temen2 di fb, klo las ga tahan lama juga.
      Kalo kijang mah emang tiada duanya om…masalah mesin kijang paling simpel n bandel…Kijang kotak aja msh berani ke jawa om, tinggal siapin tukang pijet aja.,,,hehe

      salam
      benny

      1. Selamat malam bos bens.
        Mudah mudahan di lancarkan rejekinya, jadinya di kebo dapet part baru,hehehe.
        Sambil iseng nih bos, mohon pencerahan.
        1.Kebo sy lagi jalan lampu chek enggin nyala, 5 menitan, trus mati. 10 menitan kemudian nyala lagi,trus mati lagi. Kira kira apa masahnya?
        2.Kalau aki di lepas kutup negativnya masalah ngga? Biar hemat strum krn ga di pakai 2-3 hari.
        3.Kalau nguras radiator, selang atas yg di lepas itu apa selang kecil yg dari botol plastik itu ya?
        Itu dulu bos bens. Lain kali kayaknya banyak lagi yg di tanya tanya hehehe.
        Semoga si kebo cepet beres.
        Trima kasih
        Salam
        Adi

      2. Selamat malam bos bens.
        Mudah mudahan di lancarkan rejekinya, jadinya di kebo dapet part baru,hehehe.
        Sambil iseng nih bos, mohon pencerahan.
        1.Kebo sy lagi jalan lampu chek enggin nyala, 5 menitan, trus mati. 10 menitan kemudian nyala lagi,trus mati lagi. Kira kira apa masahnya?
        2.Kalau aki di lepas kutup negativnya masalah ngga? Biar hemat strum krn ga di pakai 2-3 hari.
        3.Kalau nguras radiator, selang atas yg di lepas itu apa selang kecil yg dari botol plastik itu ya?
        Itu dulu bos bens.
        4.Indikator voltase sy tdk sampai angka 14, tapi di tengah antara 0-14.bahaya nggak?kalau servis ke tukang dinamo bisa nggak untuk kebo?
        Itu dulu bos, Lain kali kayaknya banyak lagi yg di tanya tanya hehehe.
        Semoga si kebo cepet beres.
        Trima kasih.
        Salam
        Adi

      3. Malam om Adi..
        Aminnn Ya Allah…terima kasih doanya om Adi :)

        1. Cek engine nyala banyak sebabnya om, diantaranya;
        - temperature sampe diatas 120C
        - tekanan oli dibawah 125kpa
        - sensor2 ada yg rusak, bad contact.

        Kalo kasusnya om, bisa jadi cuma bad contact doang, cuma masalah yg mana yg kendor…hehe
        Untuk cek awal, cek aja yg keliatan diatas om, cek soket2 sensor2 yg keliatan, tps sensor, map sensor, iac sensor dll. Bersihin pake contact cleaner,sambil cabut pasang.

        2. Cabut aja om gpp, sekaligus ke reset ECU nya. Paling pintu bagasi ga bisa dipencet.

        3. kALO itu saya cari gampangnya om, buka tutup radiator atas aja, trus sedot pake selang rumah…haha. Soalnya ribet bukanya..mesti buka ini itu. Kecuali niatnya mo bersihin bener, harus dibuka biar ada sirkulasi.

        4. Kalo mesin idup minim 14V, max 15V klo ga segitu kurang maksimal ngisinya. Coba aja ukur pake AVO meter yg bagus om, berapa tegangan di aki pas mesin hidup, bisa aja volt meter kebonya udh kurang akurat.Bisa juga aksesories kelistrikannya dikebo om adi banyak jadi tegangan ngedrop.

        salam
        benny

  30. Selamat balam bos bens.
    Trimakasih atas semua pencerahanya.
    Semoga di balas dengan pahala,sehat waras rejeki lancar. Amiin
    Nambah lagi nih, hehehe,Kalau ngecek altenator pakai AVOmeter di aki. Akinya di lepas dulu nggak kalau mesin sudah hidup? Atau langsung saja?
    Oh iya keonya sudah dapet part baru bos?
    Kalo belum, nitip beli partnya , butuh timing belt set nih, hehehe (kalo mau ,jangan marah ya)
    Itu dulu bos.
    Semoga cepet beres
    Salam
    Adi

    1. aminn…ya robbal alamin…

      Ga perlu dilepas om, klo aki dilepas mesin ga normal, kayak ampli ga ada elko nya, alarm aki juga nyala, dan justru keliatan kualitas alternatornya kalo sambil ngecas, kalo dilepas seperti ga ada beban.

      Blom beli part om..masih nabung hehe…Soalnya agak berat juga beli silinder head baru.
      Klo saya ke jakarta saya kabarin deh, mungkin minggu2 ini klo ga ada halangan, saya mo beli part elektronik juga di senen.

      salam
      benny

  31. Helo bang beny lam kenal mudah mudahan sehat selalu and tambah sukses aminnn..begini bang saya punya tavera tahun 2004 bermasalah bikin pusing…pada saat engine dihidupkan 2-3 menit mesin berputar normal sempurna tapi selang 4-5 menitan engine gelinjang tapi mesin tidak mati rpm tetap 800-900 normal asap knalpot hitam bau menyengat kondisi busi hitam pekat…kira-kira sensor apa yang bermasalah bang?

      1. makasih bang ben….atas konfirmnya oya atas nama FB woto butir sufi itu saya bang ben….salam kembali…selang dari throtle body udh saya cek semua tidak ada yg retak apa map sensornya yang udah rusak…kira harganya berapa bang ben….?salam bahagia buat bang ben dan sekeluarga…..kalo bisa ngoprek blazer sama ngoprek Tasawuf ban ben shg ke Ma’rifat tan bisa terlampaui….hehehehe

      2. Ok om Totok udh sya konfirm.
        Coba cek yg lain dulu om, kabel2 ada yg kendor ga, klo dah mentok coba ganti sensornya, harganya liat disini om http://blazerpart.blogspot.com/ buat patokan aja.

        salam juga buat keluarga dirumah om Totok..
        Dishare aja om…klo perlu bikin blog kayak saya jadi bisa berbagi ilmu yang bermanfaat buat sesama.

        salam

  32. Selamat siang bos bens.
    Terimakasih infonya, nnti sy coba cek deh.
    Iya bos bens. Silindr heat beliin aja.mudah mudahan adalah dananya.biar si kebo tambah manteb, murah kok ,kalo ada duitnya.hehehe
    Kata rnsn motor silynder heat isi 6 jtan, kalao kosong 4 jtan gitu.
    Sy pingin copy darat nih bos,kapan ya?kan kalo belanja bisa nitip,hehe ada maunya.nanti kalau bongkar si kebo pingin lihat, yah sy bisa bantu bantu bongkar gitu, karena sy mah sepesialis bongkar doang,masangnya suka mumet.hehe
    Kapan bos copy darat,di mana?
    Matur nuwun
    Salam
    Adi

    1. Siang om Adi..

      Iya rencananya pengen beli yg baru om..makanya nabung dulu..hehe
      Ayo om, mau dimana? hari libur ya.. Btw itu ada blazer ijo sangar suka parkir didepan medirosa 2 punya sapa ya?? Punya om adi bukan?

      salam
      benny

      1. Siang juga bos bens.
        Bisa aja bos pas hari libur, bos bens yg
        Tentuin tempatnya, atau di rumah bos bens aja yg di deket rm tiara, jadi pas bongkar kebo,sy bisa lihat , bantu bantu bongkar gitu.hehe
        Blazi sy hitam bos, tampangnya masih kalem kayak orangnya ,xixixi.
        Iya tuh pernaah lihat kebo ijo sangar banget ,hehe
        Jadi di mana ya copy darat?
        Ohiya fb sy sdh di konfirmasi ya ? Tq. Ya
        Salam
        Adi

      2. haha…nanti klo mau bongkar saya kabarin deh..soalnya skrg blom tau kapan bongkarnya si kebo .,..
        Sama om…kebo saya juga low profile…yang penting bisa nggelinding….hahaha..

        Dimana aja om…santai aja, deket ini..saya juga sering cari jajanan malem di perum mutiara..
        Kalo ga saya maen kerumah om Adi deh…

  33. Slamat siang bos bens.
    Semoga di beri sehat waras rejeki lancar.
    Sy sdh cek pk avometer nih altenator, saat mesin mati jarum avometer menunjuk ke 12 dcv.
    saat mesin hidup jarum avometer menunjuk ke 14 dcv.
    jarum indikator di dasbord menunjuk ke 14 kurang dikit.
    Sy nyalai radio ,ac dg blower paling besar.
    jarum avometer menunjuk ke 14 dcv tidak berubah.
    Tapi jarum indikator di dasbord menunjuk ke 12 , tengah tengah antara min-14.
    Kira kira apanya yg masalah?
    Kalau bos bens mau berkunjung, sy senang sekali bos, sy di blok H10 .N0 29.

    Terima kasih
    Salam
    Adi

    1. Malem Om Adi…

      Sepertinya masih bisa ditoleransi om, mungkin ada perbedaan titik ukurnya saja, karena wiring alternator sangat dekat dengan aki, jadi dalam pengukurannya ada perbedaan dgn yang di dashborad, dan karena beda alat ukur kemungkinan akurasi juga beda. Selama akinya ga tekor tdk masalah om dan tdk akan tekor kalau pengukuran di aki 14V lebih, kecuali om mau nambah audio yang gede lagi, mesti ganti ke alternator punya DOHC yang arusnya lebih besar.

      Klo saya jalan cari jajanan saya telp deh om…sekalian maen kerumah om.

      salam
      benny

  34. Trimakasih bos bens, atas pencerahanya.semoga bos bens selalu di beri sehat waras rejeki lanccar.
    Ada lagi nih bos,
    Air wiper ga mau nyemprot, sy cabut soket,sy tancepin bolham ga nyala,apanya ya bos?
    Pintu bagasi juga sama ga ada arus?
    Kalau ganti. Timing belt ,air radiator harus di kuras nggak bos? Soalnya sayang nih,dah pakai culant.
    Ok, bos sy jadi dagdigdug,si bos mau berkunjung, maklum tamu agung,hehehe
    Salam
    Adi

    1. Sama2 om Adi…jgn sungkan2..
      saya senang bisa berbagi pengalaman saya yang baru sedikit ini, mudah2an bisa membantu.

      klo itu mungkin dicoba cek dulu fuse nya om…tp saya lupa nomor berapa, dibaca aja keterangan ditutupnya om, klo ga yakin test aja fuse satu2 pake avo meter (fungsi ohm), sapa tau cuma fusenya. kalo bagus baru cek yg lain.

      Ganti Tb ga perlu kuras om, ga ada hubungannya dengan sirkulasi coolant, cuma buka fan belt, roda gila, roler fan belt sama tutup TB. Kecuali om mau sekalian ganti water pump, karena klo putaran waterpump kurang lancar/keras juga bisa bikin umur TB jadi pendek.

      Hhaha om Adi bisa aja…saya hanya rakyat jelata om..hehehe

      salam
      benny

      1. Selamat siang bos bens.
        Semoga sehat selau.
        Permasalahan indikator chek enggin menyala, ternyata pada saat break enggin di gigi 4 .
        Pada saat jalan di gigi 4 dan akan berhenti lampu merah sy tdk menurunkan gigi, tapi hanya mengangkat kaki dari pedal gas,mobil tetap jalan rpm rendah gigi tetap 4.
        Lampu chek enggin nyala, saat ketemu jalan panjang gas di runut lampu chek enggin mati,
        Apa kemungkinan filter udara kotor ya bos?
        Itu dulu bos,
        Salam
        Adi

      2. Malem om…

        Sori om..baru abis training…jadi baru bisa bales..hehe
        Klo itu dah pasti nyala om cek engine nya, soalnya salah perlakuan om, selain boros bahan bakar juga tarikan tdk maksimal dan berbahaya bagi mesin. Soalnya mesin dipaksa kerja berat diawal, selain itu dengan rpm rendah pompa oli juga belum bekerja, akibatnya tekanan oli turun dan lampu cek nyala.

        Saran saya untuk kendaraan apapun, pada saat jalan dari berhenti harus menggunakan gigi 1, baru akselerasi dan pindah 2,3, dst…karena mesin bisa kerja maksimal dengan cara seperti itu.

        salam
        benny

  35. pak,mau tanya blazer montera 2004 saya awal dihidupkan indikator oli 250kpa selang lima menit indikator langsung nol dan muncul tanda check gages,apabila gas saya mainkan nilai cuma naik satu garis dari tanda nol dan bila dibiarkan hidup agak lama tanpa mainkan gas akan muncul suara tek-tek,tapi suara hilang kalau gas diijak,saya udah periksa tidak ada oli yg bocor apa kira2 yg rusak pak,thanks

    1. Pagi Pak Fuad,

      Klo tutup oli atas yang warna hitam dibuka kelihatan ga ada oli yang naik, klo oli naik berarti sensor olinya bermasalah. Kalo olinya ga naik bisa jadi pompa oli sudah kurang bagus. Sebelumnya ganti oli dulu dgn sae 20-50 dan ganti filter olinya.

      salam
      benny

    1. Mungkin ada yang short dikabel atau switchnya pak Luki…harus bongkar rumah multi switch untuk cek kabel2.. klo sdh dibuka, cek kabel2 apakah ada yg terkelupas? klo ada coba dikasi isolasi aja…

      salam
      benny

  36. Salam kenal. om jika tiba2 kebo sy digas tdk mau & mesin spt mau mati & bergetar bau bensin. Kedua , penunjuk tempperatur jk mesin dimatikan dibawah 60, otomatis fan nyala sktr 75 tanpa ac. Ketiga, penunjuk oli pada mesin nyala hanya sktr 250, lepas gas sktr 100. mohon pencerahan. tks. Salam unt klrg. ( ADI SANTOSO )

    1. Pagi Pak Adi Santoso,
      Coba dicek dulu businya satu2, jika ada 2 busi yang tidak keluar api, coba cek/ganti ICM dulu. Kalo busi semua normal, cek olinya, apakah warnanya berubah seperti kopi susu, klo berubah bisa jadi ada kebocoran dipacking head. Itu dulu saja pak, yang lainnya yang perlu dicek adalah sensor2 (TPS, MAP dan IAC)

      salam
      benny

  37. BUSI SEMUA NORMAL. OLINYA BENING BERSIH. LETAK TPS, MAP, IAC DIMANA YA OM. CARI ONDERDIL DI SEMARANG ALAMATNYA DIMANA YA.TKS. SLAM UNT KELUARGA.

    1. Busi semuanya keluar api ya om? Klo gitu cek map sensor dulu om, posisinya deket jejeran relay yg ada 4. Warnanya item, dibawahnya ada selang kecil yang nyambung ke throtle body. Klo selang itu bocor atau retak biasanya gejala seperti yg om alami sekarang. Dicoba dulu ganti selang kecil itu om, biasanya retak dideket throtle body.

  38. Selamat siang bos.
    Semoga selalu sehat,waras rejeki lancar.
    Maaf, baru nongol nih, kerjaan lagi ribet. Maklum buruh pabrik.hehehe
    Permasalahan si kebo ,satu persatu terselesaikan berkat pencerahan dari bos bens.
    Mohon info nih, kebo sy kayaknya rakus nih minum bbmnya.
    Gimana supaya normal, yah ga irit irit amat asal normal.
    Trimakasih
    Salam
    Adi

    1. Siang Om Adi…
      Aminn…Makasih doanya om… :)
      Alhamdulillah senang bisa membantu om.

      Emang kebo om Adi 1 liter berapa Km om? Normalnya klo dalam kota, kena macet dll SOHC cuma 1:7-8 om…
      Untuk DOHC lebih boros lagi bisa 1:6. Tapi tergantung cara bawanya juga, klo bawanya santai bisa lebih irit, terutama akselerasi awal dari berenti ga perlu di gas dalem2, pake gigi 1 digas perlahan aja, RPM pada saat oper2 gigi di 2500-3000 aja.
      Klo untuk luar kota bisa jauh lebih irit om…bisa hampir kayak APV 1300.. Kalau si kebo udh jalan manteng ditol misalnya, rpm cukup 3000an aja pake gigi 5 kecepatan sdh 100km/jam, untuk SOHC bisa dapet 1:12.

      Kalau semuanya sehat saya rasa untuk mesin 2200cc dan bodi 2,5 ton blazer cukup irit, asal mesinnya normal.

      salam
      benny

      1. Selamat siang om, saya baru dpt kebo 1996 dohc tapi baru dipake 2 minggu mogok. Diagnosa awal montir fp-nya gak jalan, trus di jumper (fp langsung jalan) tapi tetap gak bisa hidup ni kebo. Mohon pencerahannya karna udah 2 minggu ni kebonya dikandangin karna mogok

      2. Cek Standar aja om..

        1. Cek busi/pengapian, apakah disemua busi keluar api?
        2. Cek supply bensin, caranya pencet pentil di feulbar, saat distart harusnya bensin muncrat, klo tidak berarti supply bensin bermasalah,cek feulpump dan filternya.
        3. cek tegangan dikonektor injector controler, bisa pake tespen DC. Klo bagus semua menyala kedip2.
        4. cek konektor sensor TPS/ gas, cek kendor apa nggak.
        5. Cek Timing belt, perlu ke bengkel, soalnya agak ribet bukanya.

        salam
        benny

  39. Selamat siang bos bens.
    Semoga selalu sehat ,waras,rejeki ngalirrr.
    Kebo sy sih, dalkot kira kira segitu.
    Tapi lukot ,belum dapet data akurat,sy skr posisi di wonogiri, kemarin jalan dari cikarang ke solo, sepanjang jalan hujan terus, macet juga.
    Jadi ga bisa menyimpulkan.
    Ada lagi nih bos bens.
    Indikator spido meter sy ngaco,
    Kalau jalan kecepatan di bawah 40 kmh.jarum nggak gerak, kalau di atas 40 kmh baru jarum gerak.
    Kalau kecepatan 80 kmh, pindah gigi 5,jarum jatuh ke 0 kmh, stelah rpm 3000, baru naik lagi sesuai kecepatan .
    Kira kira apanya bos bens?
    Terima kasih.
    Salam
    Adi

    1. Pagi om…Mantap nih jalan2…

      Klo error gitu cek soket VSS sensor(sensor kecepatan), posisi dikolong om, adanya di blok transmisi. Mungkin kotor kena lumpur atau debu, atau mungkin juga kendor. Dicek aja dulu om.

      Semoga lancar perjalanannya om.

      salam
      benny

  40. Selamat malam bos bens.
    Semoga selalau sehat.
    Terimakasih do,a nya.
    Alhamdulilah sekarang posisi dah di cikarang.
    Perjalanan slameet, walaupun sempat macet total di subang,ga tanggung tanggung, 4-5 jam tidur di jalan, mesin hidup terus buat nyalain ac,
    Trimakasih juga peencerahannya, nanti. Sy cek speed sensornya.
    Ada lagi nih bos, kalau beli kaca spion ,kacanya doang di mana ya?
    Spion saya patah, sidah sy akalin sambung dg braket plat, tinggal kacanya blm dapt.
    Kemarin waktu macet kecantol bak truk, jadi patah deh,
    Trimakasih
    Salam
    Adi

    1. Malem om…
      baru sampe nih kayaknya..haha..mantabbbb…
      Biasa om macet disitu mah…nunggu presiden yang baru kayaknya baru beres….hehehe
      Blom pernah beli kacanya doank om…Klo mau murah bikin ditukang kaca aja, biasanya dia bisa bikin sesuai bentuk spion, tapi nanti cerminnya ga cembung kayak aslinya, tapi dijamin jauh lebih murah dari pada beli spion baru…hehe

      salam
      bennny

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s