Apa itu DIY Audio

DIY audio atau “Do It Your self” Audio berarti membuat peralatan audio sendiri. Dari pada membeli sebuah peralatan audio yang mahal, seperti perangkat hifi atau high-end audio, seorang praktisi DIY Audio lebih memilih membuat sendiri peralatan audio mereka. Keuntungan dari itu selain dari sisi ekonomis juga memiliki kepuasan tersendiri dimana memciptakan hasil karya sendiri tentunya merupakan sesuatu yang menyenangkan dan membanggakan dan bukan tidak mungkin hasil karya tersebut memiliki kualitas yang lebih baik dari pada produk komersial yang banyak dipasaran dengan biaya yang sama.

DIY amplifier dengan tabung hampa.

DIY amplifier dengan tabung hampa.

Sejarah DIY Audio

DIY audio mulai mencuat sekitar tahun 1950-1960, dimana reproduksi audio relatif  baru dan teknologi peralatan audio pada saat itu sangat komplek, dan untuk peralatan audio tertentu dengan performa tinggi tidak dapat dijual secara retail. Kit dan desain tersedia bagi konsumen untuk membuat sendiri peralatan mereka. Kit tabung hampa (vacuum tube) terkenal dari Dynaco , Heathkit , dan McIntosh serta kit solid state (transistor) dari Hafler memudahkan bagi konsumen untuk membuat sendiri sistem hi fidelity mereka. Buku dan majalah banyak diterbitkan yang menjelaskan konsep tentang desain serta cara kerja dari rangkaian dengan tabung hampa dan kemudian rangkaian dengan transistor.

Ketika peralatan audio mulai mudah diperoleh pada tahun-tahun berikutnya, minat terhadap membuat peralatan audio sendiri tetap ada hingga kini, termasuk amplifier, speaker, pre-amplifier atau bahkan CD player dan pemutar piringan hitam. Saat ini sejumlah perusahaan atau vendor spare part  mengakomodasi keberadaan peminat DIY audio dengan memasarkan produk (kit dan sparepart) secara online atau melalui komunitas pencinta DIY audio.

Note: Tulisan ini diterjemahan dari Wikipedia ensiklopedi bebas.

Advertisements

2 comments on “Apa itu DIY Audio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s