15 comments on “Mengintip Karya Anak SMK…

  1. Salut deh kreasi anak SMK ini….perlu ditingkatkan terus….Esensial bikin Mobil itu, bila bisa bikin : 1. ENGINE, 2. TRANSMISI, 3. SISTEM KELISTRIKAN…..Karena dari sebuah Mobil itu mempunyai nilai sekitar 65% dari biaya Manufakturnya dari sebuah Pabrik MOBIL….Tentu beda bila hanya merakit, dengan membeli ke 3 komponen utama tsb……Tingkatkan terus SMK sampai mampu bikin ENGINE secara mandiri…..selamat deh

    • Betul sekali mas Suryo, saya yakin jika pemerintah mendukung ini, semua itu bisa kita lakukan, mengingat kita memiliki sdm yg begitu besar dan sangat terampil. Pada masa era keemasannya Pak Habibie pada saat menristek itu sdh terbukti bahwa kita juga bisa membuat pesawat yang jauh lebih rumit dari pada mobil. Semoga Indonesia kedepan makin maju dan jaya…

  2. koq kalo saya lihat logo mobil esemka digdaya gambarnya burung hantu tapi logo mobil esemka sedan logonya beda lagi…harusnya yg namanya satu merek ya satu logo yg sama, tp ini koq beda2…hmm,,hrsnya pihak mobil esemka hrs mencontoh mobil toyota, honda dmn logonya sama walaupun jnis/tipe mobilnya berbeda2…harap dipikirkan hal2 yg kecil jgn menyepelakan hal2 yg kecil…thx… cm masukan aja?

  3. saya fikir anak smk jangan terburu-buru membuat mobil lebih dari 1000cc. Harapan saya produk anak smk jangan memanfaatkan mesin yang sudah ada. Coba ciptakan mesin yang kecil dulu seperti mesin universal yang digunakan untuk genset, parutan kelapa, dll tapi semua 100% buatan sendiri dan terbukti handal. Indonesia masih lemah dalam teknologi bahan seperti membuat blok mesin yang tidak mudah retak, kuat, dan berbobot ringan. Saya yakin kalau sdh bisa membuat mesin kecil dan teruji maka membuat mesin-mesin besar untuk mobil akan terwujud. 100% buatan Indonesia.Semoga….

    • Tak hanya merakit pak Bashori, mereka membuat molding dan diecast untuk silinder kop, plat body, fiber bumper,skirt dan lain-lain. Beberapa part memang banyak yg copotan dari mobil lain, tapi disini membuktikan bahwa kita bisa merakit dan membuat part2 penting.

  4. benar tu audiobbm,,,merk mobil yang udah terkenal jg gak mungkin smua part2 nya di buat olehnya sendiri.banyak jg yang dikerjakan perusahaan lain…maju terus ESEMKA Bukti kan kamu pasti Bisa…..

  5. “Tak hanya merakit pak Bashori, mereka membuat molding dan diecast untuk silinder kop, plat body, fiber bumper,skirt dan lain-lain. Beberapa part memang banyak yg copotan dari mobil lain, tapi disini membuktikan bahwa kita bisa merakit dan membuat part2 penting”

    yang ingin saya tanyakan, dari pernyataan-pernyataan diatas, yang menurut saya, hanya sebuah laporan dari hasil sebuah wawancara tidak formal.

    1. sejauh apa anda menganalisa hal ini. sampai anda tahu proses prosesnya, apakah anda tahu apa itu moulding, die cast dsb nya.

    2. apakah anda mempunyai referensi dari kasus serupa?.misalnya dibandingkan dengan perusahaan lain, studi kasusnya seperti apa.

    3. ok kita bangga bisa merakit dan membuat beberapa part…apakah akan lebih bangga lagi jika kita bisa merakit dari suatu desain utuh, diakui standar internasional, dan layak jalan.

    4. karya besar lahir dari buah pemikiran yang didasari dari kreativitas dan originalitas, memang originalitas sudah sulit dijadikan konsep.tetapi tahap awal dari suatu karya, sebaiknya bukan dari hasil karya yang sudah ada.
    karya yang sudah ada, sebaiknya dijadikan referensi saja.

    pola berpikir.. ok kita bisa merakit, dan membuat part, itu merupakan suatu prestasi….tetapi apakah kita bisa mendesain?…ada proses yang hilang, yaitu Ide, Konsep, tema, dan hal lainnya dalam runutan suatu karya.

    “Betul sekali mas Suryo, saya yakin jika pemerintah mendukung ini, semua itu bisa kita lakukan, mengingat kita memiliki sdm yg begitu besar dan sangat terampil. Pada masa era keemasannya Pak Habibie pada saat menristek itu sdh terbukti bahwa kita juga bisa membuat pesawat yang jauh lebih rumit dari pada mobil. Semoga Indonesia kedepan makin maju dan jaya…”

    awalnya CN 235 merupakan project gabungan indonesia dengan spanyol,CASA (Construcciones Aeronáuticas SA), dan selanjutnya bisa di kembangkan sendiri.

    mesin:2 × General Electric CT7-9C3 turboprops @1,750 shp.

    proses dari riset sampai terbang, membutuhkan kurun waktu kurang lebih 8 tahun.

    january 1980-mendapat izin 3 desember 1986- dan beroprasi 1 maret 1988.

    tahun 2011 membuat 4 unit CN-235-110 MPAs, untuk Korea Selatan.

    (untuk lebih jelasnya bisa lihat wikipedia atau sumber lainnya)

    oh ya satu lagi, Arsitek jalurnya bukan langsung dari SMK mas…biasanya dilanjutkan sekitar 4-5 tahun lagi.dan setelah itupun belum tentu bisa jadi arsitek. SMA, STM, atau SMK merupakan pendidikan sederajat tingkat menegah, masih ada dan banyak hal lain yang harus dipelajari diluar ke teknik-an.seni, sosial, budaya, geografis, dan lain sebagainya, juga bisa berperan banyak, kenapa saya berkomentar.?

    karena saya Arsitek.terima kasih.

    • Terima kasih mas Bayu, sdh membuat comment yg panjang. Disini saya cuma sedikit menulis apa yang saya ketahui dari internet dan wawancara tdk resmi seperti yang mas bayu sampaikan, memang tdk bisa dijadikan tolak ukur apalagi bahan referensi ilmiah. Jadi klo isinya meragukan itu memang karena kelemahan saya dibidang tersebut.

      Saya juga sangat setuju dengan originalitas seperti yang mas bayu sampaikan, akan tetapi tdk semua karya hebat berasal dari sesuatu yang original namun bisa saja pengembangan. Ya mungkin seperti Windows 3.1 yg mencontek GUI nya Apple mac atau I-phone dan i-pad yang saat ini banyak vendor mengikuti membuat produk serupa dengan interface yang serupa.
      Disini saya mengapresiasi hasil karya tsb sebagai suatu yang hebat yang dapat dikerjakan siswa smk. Masalah desain tentunya bukan level mereka, walaupun hal itu juga bukan sesuatu yg mustahil untuk mereka kerjakan.

      CN 235 sdh pasti semua tahu ya mas..
      Nah esemka ini juga sdh dikembangkan sebelum thn 2009, jd kalo sekarang muncul saya rasa sdh mengalami banyak perbaikan, ya semoga saja demikian.. 🙂

      Oh ya yang terakhir itu tulisannya calon arsitek, jadi bisa saja nantinya klo kuliah jadi civil engineer, draft engineer, atau jadi arsitek beneran, atau jadi apa saja yang mereka inginkan. Itu hanya ungkapan spontan karena apa yg mereka lakukan dalam lomba tersebut sedikit banyak adalah pekerjaan arsitek. Ya gak mungkinlah dari smk langsung jd arsitek? walaupun itu juga bukan sesuatu hal yang mustahil..

      kalo saya sih teknisi biasa mas, tp pengen jadi pengusaha…bukan sesuatu yg mustahil kan…hehehe

  6. waduh tambah siipp ae anak2. tingkatkan lagi ya….. oy klo misale pesen bisa ya… yang mirip mobil2 balap,,,,,hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s