25 comments on “Bikin Pompa Air Otomatis untuk Mesin Cuci.

  1. mau tanya gan, kalo mau “bikin” keran otomatis gimana ya?
    jadi yang beraktifitas itu kerannya, ketika kita ingin mngalirkan air, maka keran akan membuka salurannya, dan sebaliknya, akan menutup seluran dengan sendirinya..

    • Mungkin bisa lebih dijelaskan fungsinya bro? Jadi kayak gini misalkan keran buat wudhu atau keran untuk ngisi bak mandi? karena ini berhubungan dengan sensor yang digunakan. Kalau buat isi bak mandi bisa pake sensor zat cair, kalau buat wudhu mungkin bisa pakai sensor cahaya. Untuk kerannya sendiri bisa kita pakai keran otomatis buat mesin cuci yang ada fotonya diatas.

    • klo seperti yg saya maksudkan diatas ga usah beli om…soalnya water valve udh ada didalem mesin cuci, itu saya foto buat gambaran aja…klo harganya saya ga tau …hehe

  2. Rellaynya pake kontaktor magnet spek coil yang 220v buat mesin 3phase aja gan biar gk terlalu ribet konversi dan lebih ekonomis

    • betul mas bro…makanya saya kasih alasan diatas, soalnya ane kagak punya relay seperti yg om sebutin..hehe

  3. om,,, numpang nanya yak,,,
    untuk suplay air ke mesin cuci front loading menggunakan pompa air otomatis, apakah masih perlu menggunakan rankaian otomatis tambahan yang seperti om rancang ini?
    dan kalaupun gak perlu, apakah aman bagi pompa dan mesin cuci jika langsung menggunakan pompa air otomatis untuk menyuplai air ke mesin cuci?

    thank’s

    • Kalau sdh punya pompa otomatis ga perlu om, artinya supply air ke mesin cuci selalu ada. Maksud dari alat ini adalah untuk menghidupkan dan mematikan pompa air biasa yang tdk ada pressure switch nya. Jadi bisa hidup mati sesuai kebutuhan mesin cuci.

      Kalau dirumah sdh ada toren/penampungan air juga tdk perlu alat ini om. Dan selama pressure switch dipompa otomatis nya bagus aman2 saja om.

      salam

  4. Pak apakah mesin cuci ga rusak bila inlet water langsung dari pompa bukan dari tandon?
    Saya pertanyakan ini karena takutnya pressure pompa baik pressure run atau pressure statik yang besar bisa merusak solenoid valve di mesin cuci otomatis.
    Mohon bantuannya pak, saya mau pasang mesin cuci namun tidak memungkinkan memasang tandon air, apakah tidak masalah suply mesin cuci langsung dari pompa air otomatis?
    terima kasih…..

    • Siang Pak Erick,

      Seharusnya tidak apa2, karena memang biasanya membutuhkan tekanan yang cukup supaya airnya nyembur. Klo dilihat spek Valve mesin cuci bisa maks s/d 10bar atau 150psi. Harusnya cukup kuat untuk itu.
      Nah klo pendekatan yang saya maksud di artikel ini gimana caranya agar pompa hidup pas mesin cuci minta pasokan air. Caranya hanya dengan menambahkan relay (paralel) dengan catuan water valve. Relay tsb digunakan untuk menghidupkan atau mematikan pompa, jadi pompa bisa bekerja seperti pompa otomatis, walaupun pake pompa biasa. Ini juga lebih aman dari kelebihan tekanan yang bapak khawatirkan, karena pompa bekerja hanya saat valve terbuka.

      salam
      benny

  5. Pingback: Relay MK2P-I Untuk Switch Pompa Air Otomatis | Audiobbm.com blognya om bbm

  6. Bos, saya pingin nyalakan pompa air otomatis memanfaatkan tegangan di water valve. Kalau saya beli adaptor pabrikan 12v untuk pemicu relaynya yang mirip carge HP/Laptop. Kira-kira kuat/awet ga ya? Makasih.

    • bisa pak, tdk masalah, cari yg ampernya kecil saja, karena relay tdk membutuhkan arus yg besar. Atau bisa juga beli relay mk2pi yg tegangannya trigernya 220V .

      • Gan.mau tanya kalau pake relay 220vac bisa langsung di conectkan gak dri water valp langsung ke mesin air manual tanpa harus pake adapter lalagi.dan aman mana pake adapter dan relay 12v dc atau langsung relay 220 vac.mohon pencerahannya.thanks

      • klo aman nya pake adapter, kan tegangan yg untuk trigernya tdk berbahaya, karena adapternya dipasang langsung didlm mesin cuci.

  7. permisi gan,awet dan bagus mana pake relay 220v ac langsung,atau pake konverter seperti gambar diatas dengan relay 12vdc.makasih

  8. Pak.saya ada mesin cuci otomatis pintu depan. Air tandon diatas mesin cuci 2.5m ketinggiannya. Kalau tidak pakai pompa boster dari tandon kemesin cuci air masuk ke mesin cuci sangat kecil lama sekali sehingga mesin menunggunya lama. Setelah saya pakai pompa boster otomatis merk waser ternyata otomatisnya kadang gak ngerespon gk idup kalau mesin butuh air. Tehnisi sudah datang tp kurang teliti atau simple aja kurang kasih akal hanya bilang karena debit yg dibutuhkan mesin cuci tll kecil sehingga flow swicth sering tidak merespon sehingga pompa booster tidak hidup.

    Mohon saran pak. Trima kasih

    • ya solusinya seperti yang saya lakukan pak. Jadi mesin pompa nya diaktifkan sama mesin cuci. Dalam hal ini hanya butuh part relay seperti yang saya paparkan dan sedikit keberanian untuk pasang partnya .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s