64 comments on “Review KIT Amplifier Mosfet Bell Mofet 400

  1. Selamat pagi om BBM, kit MOSFET Bell 2×200 dah kurakit. Tapi timbul masalah : speaker protektor langsung aktif, lampu indikator di tengah kit itu nyala hijau, lalu bunyi jeb di spekaer, beberapa detik kemudian lampu hidup lagi, lalu bunyi jeb lagi, begitu seterusnya. Nggak hidup.

    ini komponen yg di gunakan :

    1. Trafo merk Tronic 10A, 32V-ct-32V untuk KIT dan 12V-ct-12V 1A untuk rely/sp. protector
    2. PSU dengan 2 elco 10.000uF, 50 A Nichicon dan 2 kapasitor mkf (keramik (warna kuning)?)
    3. Tone kontrol biasa (sudah di tes pasang pada kit STK dan berfungsi dengan baik)
    4. Sepasang box speker masing-masing dengan 10″ woofer, 6″ mid dan tweeter (pasif X-over di dalamnya)

    Tindakan:
    ————-
    Saya memeriksa PSU, normal, pemasangan sesuai petunjuknya, dengan keluaran arus DC mendekati 50VDC (sesuai 32VAC = 32*sqrt(2) = 45VDC)

    Sambungan-2:
    ——————–

    Khusus suply rely/sp protector yg 12V, hanya pasang CT ke ground dan 12V ke 12V, 12 V satunya sy abaikan aja (sesuai sms om BBM) [saya sekarang mengerti, “catudaya tidak kritis” artinya dengan setengah gelombang listrik sudah cukup aktifkan rely, karena rely tidak memproses sinyal suara, hanya untuk delay pemutus in case ada arus DC]

    ——————-

    Sambungan ke speaker sudah ok
    sambungan input komputer ke T.C. ok
    sambungan T.C. ke KIT MOSFET ok.

    Catatan:
    ———–
    Memang ada yg membingungkan saya yaitu input dari tone control ke KIT, apakah ground di TC harus ke ground di KIT?

    Mohon petunjuknya. Sebelumnya saya haturkan matur nuwun terima kasih.

    Jens di Depok

    • Dear mas Jens,
      Apakah sdh sempat diukur tegangan DCO nya? karena jika DCO tinggi, speaker protector langsung kerja. Dicoba cari kemungkinan ada solderan yang dempet atau menyatu, atau solderan yang terlepas.
      Klo ada trafo CT12 V ya dipakai saja, itu pakai 0-12V klo memang itu yg ada.
      Sambungan ground input memang tdk langsung ke ground karena masuk lewat resistor dulu 10ohm dulu. Tp masukan ini jgn sampai terbalik, artinya jalur C input ( 1uf audiophiler) terhubung dengan out TC dan ground TC terhubung dgn input yg terhubung dengan resistor 10ohm

      salam

  2. Mas punya ane mofet 2 x 200 watt. baru selesai ane rakit ini malam. power supply pake smps alfa fox yg 8 A, 42volt CT. relay ane bypass. ane kasih input dari sound card pc putar lagu flac langsung masuk ke input mofet. hum nyaris tidak ada. speaker pake buatan lokal belinya di kaskus, ss sound. Kalo ga salah ingat 1,5jt sepasang. driver woofer dan tweeter punya audax lokal. ane test kok bass nyaris ga kerasa. Tp heatsink cuman hangat saja. Ga guna besarin volume dari pc karena suara pecah suaranya ga karuan-karuan bikin sakit telinga. ane ukur pake watt meter daya listrik mofet di volume sedang kok irit banget 30 watt saja. jauh dgn klaim 200 watt. apa mungkin gara-gara itu bass nyaris ga ada? mofet ane juga beda. Mosfet bukan 2sk2057 seperti yg tertulis di pcb tp toshiba k15j60u. Kapasitor input 1uf mkm bukan warna kuning tp biru. Kalo diganti dgn wima apa bisa lebih bagus lagi?

    • Kayaknya ada sesuatu yg salah mas, saya juga dirumah langsung dari PC atau HP, ga pake pre-amp atau tone control bass nya udh jedug jedug…suara lumayan bagus. Klo tulisan 200Watt ya jangan dijadikan patokan, kit lokal pasaran dayanya jarang sekali yg valid, kebanyakan untuk menarik perhatian orang awam saja, lihat cara hitung daya di posting saya yg lain. Saya beberapa kali merakit mofet 400 ini memang tdk semuanya lancar, terkadang ada kit yg tdk bekerja dgn benar. Kesalahan yg pernah saya temukan itu resistor salah pasang, dan pengaturan bias yg melenceng. Klo mosfetnya sendiri sebenarnya tdk terlalu kritis, mosfet IRF250 (n channel mosfet) bisa jadi pengganti untuk kit ini. Selain itu cek juga kabel2 wiring dan kabel audio dan konektor yg ke pc, pastikan kondisinya baik, Untuk C input sendiri sangat sulit dibedakan hasil akhirnya, karena itu mengganti c input blm tentu menyelesaikan masalah, jadi dicari dulu masalahnya, klo sdh ketemu dan ada perbaikan, setelah itu boleh di improve.

      salam

  3. Maaf mohon koreksinya pak, IRF 460 atau IRFP 460 ya ? Soalnya ditempat saya yang ada hanya IRFP 460 saja pak, mohon penjelasan mengenai kedua no. Seri itu pak, terima kasih..

  4. tanya gan,saya ada power dgn mosfet fs20sm semua,mosfet nya bisa diganti dengan mosfet seri berapa ya,karna yang sebelah rusak 2 biji,terima kasih

    • Tidak bisa disandingkan head to head yang mana yg bagus mas, tergantung ditempatkan dimana. Mofet 400 tujuannya untuk pemakaian dirmh, dan blazer untuk lapangan, karena powernya jauh lebih besar. Untuk subwoofer dirmh, bisa pakai seri mofet 600, saya sdh coba dan hasilnya bagus.

    • beda kelas gan, mofet 400 untuk home, tegangan CT32V, klo apex b500 biasanya buat lapangan, tegangan CT55V. Klo suara punya kualitas masing2, tergantung pemilihan komponen juga.

  5. Mas, kalau boleh tau mosfet IXFH50N60P, 20N60, IRFP4227PBF, apakah ketiga jenis ini bisa di pake di PA Mosfet yang 2 x 200 atau yang 2 x 400 watt…? karna kalau saya lihat di data sheetnya ke tiga Mosfet ini Wattnya lumayan gede juga.

    Sebelumnya saya ucapkan Terima kasih

  6. asalam mualaikum
    mas sy mo tanya, sy ngerakit kit amplifier jenis TIP merk platinum. tp setelah selesai merakit mengikuti petunjuk, kok gak hidup sama sekali. mohon petunjuknya.

  7. Thanks Share nya….
    Bell Mofet di adopsi dari artikel Nelson-Pass melakukan modifikasi Citation Harman Kardon.
    Saya pakai IRF240/IRFP9240, dengan sedikit modifikasi jalur PCB untuk complementary.
    Mohon share apabila ada yang sudah coba2 ganti dengan TR diferensial selain 2SA970.
    Dengan hasil yang lebih baik.

  8. Mau tanya nih oom, DAYA SESUNGGUHNYA dari amplifier ini pada 4 ohm atau 8 ohm berapa watt yaaa? Saya merakitnya dan puas dengan suaranya.. (saat ini menggunakan.travo 35 ct 35 7.5A toroid) thanks …….

  9. Saya sdh merakit Dan mencoba kit ini,Meskipun tanpa tone control hasilnya cukup memuaskan. PSU menggunakan wimog ct32 8amp. Dan benar kl noise yg dihasilkan sangat sangat Dan sangat minim skl. Sampai kuping hrs nempel di speaker (itupun msh tak terdengar). Benar benar hi-fi!. Tapi ada yg ingin Saya Tanyakan, apakah bs Saya Tambahkan penguat/amp 3watt (sbg preamp) sblm masuk ke jalur input mofet amp agar gain input sedikit lebih besar? (tanpa menggunakan tone control) krn keterbatasan ruang box. (box model slim buat parametric cx40).. Trm ksh.. Sukses audiobbm

    • Untuk menambah gain cukup tambahkan pre-amp tanpa tone control, seperti kit master mixer. Atau bisa juga dengan cukup mengganti resistor gain standar dgn nilai yg lebih kecil.

  10. gan punya sy ko noise y klo input ground di pasang sebelah kiri noise speaker kiri yg kanan normal,kalau ground inout di pasang sbelah kanan yg spk kanan noise yg kiri normal,kli ground d jumper 2 spk noise?posisi tanpa tc..knapa y gans

  11. Selamat pagi…salam kenal.
    Maaf saya mau tanya wiring untuk protector kit 2×400 mosfet BGR…TR pakai K20J60T….
    Untuk wiring protector dari Trafo ke protector..
    Terima kasih penjelasannya….
    Salam

  12. Gan saya baru beli kit mosfet bell 2×200 watt. Mau saya kasih speaker acr full range 12inch untuk chanel L. Dan untuk chanel R saya ksh subwoofer 10inch mèrk american boss tambahan 1 buah kit crossover pasif (untuk chanel R saja) kira” muat nggak ya..? Trafo proton 5 ampere murni 32v ct.

  13. Gan mau tanya donk. Saya baru beli kit ini. Mau saya ksh speaker acr full range 12 inch sama subwoofer 10 inch american boss. Dan trafo saya proton 5ampere murni. Kira” kuat nggak..?

  14. setelah liat komen diatas, saya tertarik untuk memasang PA mosfet ini di mini compo jadul (AIWA nsx-k90) berhubung ng ada yg jual STK nya di daerah saya, dngan suplay 42vac@5amper, hasil nya hampir mendekati PA STK aslinya.! noise,hum hampir tidak terdengar sih, and saya setuju jika PA ini didepak sbagai HI-FI system..

  15. PA mofet saya 2×200 dgn Tr final K20J60 hasilnya bagus hi-end banget cuma Tr finalnya cepat panas untuk ngangkat sp 15 inch ACR Primier, kalau mau diparalel Tr finalnya agar tidak panas apakah caranya seperti memparalel Tr final pada OCL mas ? terimakasih

    • cukup dengan menambah heatsink sirip saja, ga perlu diparalel. Klo ingin memparalel caranya mirip seperti tr biasa, hanya perlu ditambahkan resistor gate dan resistor source.

      • bell mofet 400 relay soeaker protectornya kenapa nyala ya. .
        terus cara ngukur dconya gmna ya tlong bntuannya

      • nyala led nya berarti normal, klo bermasalah led nya mati. ukur DCO caranya menggunakan volt meter antara titik output speaker dan ground, diukur harus dlm keadaan tanpa sinyal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s